Tips Mengatasi Rumah yang Sudah Bocor

Deteksi Sumbernya

Mengetahui titik bocor ini sangat penting, jangan sampai Anda salah mendeteksi sumbernya karena pekerjaan Anda akan jadi percuma. Apabila titik bocornya parah, jangan langsung di-waterproofing. “Tambal terlebih dahulu dengan menggunakan semen dan pastikan titik bocor tertutup sempurna,” ucap Hendra Noprida, Product Specifier PT Avia Avian. Pastikan juga sebelum dilakukan waterproofing tambalan sudah kering sempurna, bebas debu, bebas kotor, dan bebas lumut.

Pilih Bahan yang Tepat

1 Berbahan Cairan Elastis Waterproofing jenis ini adalah yang paling banyak dijual di pasaran. Produknya berbentuk cair dan cara aplikasinya sama dengan mengecat tembok. Setelah dikuaskan ke area bocor, cairan waterproofing akan mengering dan membentuk lapisan elastis seperti karet. Produk ini bisa diaplikasi langsung atau dikombinasi dengan serat fiber untuk membentuk lapisan yang lebih keras dalam menahan air. Kini, produk ini bisa jadi elemen dekoratif, sebagai cat eksterior rumah. Kelebihannya, kualitas campuran terjamin serta dapat diaplikasikan pada semua jenis permukaan bangunan. Produk ini mudah merekat karena memiliki sifat yang elastis, tahan UV, dan tahan cuaca. Kelemahannya, produk ini kurang tahan terhadap air. Jika sudah lewat masa kadaluarsanya, maka lapisan elastisitasnya akan hilang sehingga lapisan akan mudah robek, terkelupas, dan hilang daya rekatnya.

2 Berbahan Semen Produk ini terdiri dari 2 komponen, yaitu powder berbasis semen dan liquid. Waterproofing jenis ini hanya dapat diaplikasikan pada permukaan yang mengandung semen seperti plesteran dinding dan dak beton, serta cara aplikasinya mirip dengan proses mengaci dinding. Jenis ini memiliki ketahanan yang lebih baik dibandingkan waterproofing elastomeric, dengan catatan proses aplikasinya benar. Perhatikan, jangan sesekali mengurangi komposisi takaran semen dan campuran airnya. Jika terlalu padat, adonan tidak dapat menutup celah bocor dengan sempurna. Jika terlalu cair, fungsi pencegah bocor akan hilang. Yang perlu Anda ketahui, produk ini membutuhkan sreed protection—lapisan pelindung tambahan—karena tidak dapat diekspos dan terkena cuaca langsung.

3 Berbahan Membran Waterproofing jenis ini berbentuk membran setebal ±5mm yang terbuat dari serat penguat dan lapisan bitumen. Aplikasi dengan cara dibakar atau ditempelkan pada permukaan yang mengandung semen seperti plesteran dinding, nok, dan dak beton. Produk ini memiliki ketahanan yang sangat baik dalam menangkan bocor asalkan lapisan membran tidak terkena benda tajam dan sobek. Kelemahannya, aplikasinya sulit dan memerlukan tenaga ahli khusus. Setelah selesai pengerjaan, lapisan membran harus dilindungi dengan plesteran semen pasir sehingga menghabiskan biaya lebih besar. Produk ini juga tidak tahan dengan genangan air.

Sedangkan untuk masalah sumber listrik alternatif rumah perlu adanya sebuah genset. Harga genset yang murah bisa didapatkan melalui Distributor Jual genset 1500 Kva di Jakarta yang bergaransi dan memberikan harga diskon hanya di PT. Rajawali Indo.