Berani Tidur Sendiri

Siapa yang sudah memberikan kamar khusus untuk si kecil sejak ia bayi? Pasti banyak Mama Papa yang akan mengangkat tangan untuk menjawab pertanyaan ini. Pertanyaan berikutnya, siapa yang sudah tidur terpisah dengan si kecil, walau ia baru 4 tahun? Tidur terpisah dengan anak, apalagi usia si kecil belum genap lima tahun, boleh jadi dianggap aneh dalam pandangan masyara- kat kita. Yang sering kita temui, prasekolah tidur bersama dengan orangtua (co-sleeping).

Alasan nya beragam, seperti masih ingin dekat dengan anak, khawatir anak bangun dan menangis, hingga keterbatasan tempat di rumah. Sebetulnya sih selain faktor ketiga, faktor satu dan dua masih bisa diatasi. Persoalannya, tinggal apakah orangtua dan anak sama-sama siap? Kesiapan itu tak dapat diukur secara pasti karena setiap keluarga punya kebiasaan dan cara berbeda, bahkan dalam urusan tidur.

Pun dengan anak, setiap anak punya kekhasan sendiri yang tak sama satu sama lain, dengan saudara kandungnya sekalipun. Namun, satu hal yang perlu diingat, cepat atau lambat, anak akan menyadari ia membutuhkan “ruang pribadi” bagi dirinya. Semakin dini kita memberinya kesempatan tidur terpisah, semakin mudah bagi si kecil untuk belajar lebih mandiri.

LIHAT KESIAPAN ANAK

Mengukur kesiapan anak tidur terpisah dengan orangtua gampang-gampang susah. Mirip de ngan menyapih anak dari ASI atau dot kesayangannya, perasaan enggak tega lebih sering muncul dan menggoda kita untuk menuruti keinginan anak. Jika menyapih anak sebaiknya dilakukan setelah anak ber usia 2 tahun, maka tidur terpisah dari Mama Papa tak punya patokan yang pasti. Nah, untuk tahu kapan waktu yang tepat bagi anak tidur di kamar sendiri, kita bisa memerhatikan hal-hal berikut;

? Anak sudah tuntas mencapai milestones atau tonggak perkembangannya. Saat kita ingin mengajarkan atau melatih sesuatu, pastikan anak sudah menyelesaikan isu yang sedang dihadapinya saat itu. Misalnya, saat anak sedang toilet training, jangan paksakan ia untuk tidur terpisah. Tuntaskan dulu toliet training-nya, baru mengajarinya tidur terpisah.

Untuk anak yang ingin mahir dalam berbahasa asing berikan ia pelatihan khusus di tempat les bahasa Perancis di Jakarta yang terbaik.