Jika BoRR (Bogor outer Ring Road) andalannya Bogor, maka Cijago-lah jagoannya Depok. Tol ini makin mengangkat 3 daerah unggulannya. Depok. Kota yang terletak di antara Jakarta- Bogor ini menjadi kota penyangga Jakarta—yang penduduknya terus bertambah. Meski belum semandiri Bogor, Depok adalah kawasan pertama di pinggiran Jakarta yang muncul sebagai kota mandiri, mendahului Serpong dan Tangerang.

“Tambahkan genset untuk rumah sebagai sumber listrik cadangan yang dapat dipesan murah melalui Distributor Jual Genset Jakarta yang bergaransi resmi dan memberikan potongan harga yang dapat dinegosiasikan.”

Kawasan ini sangat pantas dilirik dan dijadikan tempat tinggal karena letaknya yang tak jauh dari Jakarta. Kota Depok sendiri saat ini sudah melebar ke arah timur menuju Cimanggis, barat sampai ke Sawangan, selatan ke arah Limo dan Cinere. Banyak sekali rumah baru ditawarkan di daerah Cimanggis (sepanjang Jalan raya Bogor), Sawangan (sepanjang Jalan Raya Sawangan), dan Cinere (Jalan Raya Cinere).

Ini menjadi bukti betapa di daerah-daerah inilah terjadi pertumbuhan ekonomi dan penduduk yang begitu besar. Daerah-daerah ini semakin besar dan menjadi kawasan penting sejak dibangunnya Jalan Tol Cijago yang mulai dioperasikan sejak Januari 2012 silam. Pembangunan Jalan Tol Cijago sepanjang 14,64km terbagi dalam tiga tahap pengerjaan. Tahap I sepanjang 3,7km (sudah dioperasikan); tahap II rute Cimanggis-Kukusan sepanjang 6,4 km, dan tahap III Kukusan Beji – Limo, Cinere, sepanjang 4,94km.

Jika pembangunan seluruh ruas Tol Cijago tuntas, maka ujung pintu tol Cinere akan menjadi titik untuk berintegrasi dengan Jalan Tol CinereSerpong. Inilah yang membuat daerah-daerah yang dilintasi oleh jalan tol Cijago ini menjadi terhubung ke segala tempat. Kelebihan lain terkait kemudahan akses adalah tersedianya angkutan umum 24 jam.

Moda transportasi yang menjadi andalan di sini adalah kereta api dan kendaran (umum dan pribadi). Ada dua stasiun kereta di kawasan ini, yaitu Stasiun Depok Lama dan Depok Baru. Depok tumbuh sejak dipindahnya Universitas Indonesia dari Salemba ke Depok, yang diikuti dengan tumbuhnya sekolah dari tingkat taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi swasta seperti sekolah Cakra Buana, Universitas Gunadarma.

Pusat perbelanjaan membanjiri daerah ini. Dari mulai pasar tradisional sampai ke pasar modern. Beberapa di antaranya adalah Margo City, Depok Town Square, Carefour, Giant, RamayanaRobinson, Cibinong City Mall. Rumah Sakit pun tak kalah banyak, di antaranya RS. Sentra Medika di Cimanggis, RS. Mitra Keluarga di Margonda, RS Bhakti Yudha di Sawangan, dan RSUD Depok di Jl. Raya Mochtar.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *